Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Website?


PENGERTIAN WEBSITE 

Website adalah halaman-halaman informasi yang dapat di akses melalui jaringan internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia. Halaman website merupakan sebuah komponen yang terdiri dari teks, gambar, video, suara, dan animasi sehingga menjadi media informasi yang menarik untuk dikunjungi oleh orang lain. 

JENIS-JENIS WEBSITE

Secara umum, situs web digolongkan menjadi 3 jenis yaitu: Website Statis, Website Dinamis dan Website Interaktif. 

1. Website Statis

Website Statis adalah web yang mempunyai halaman tidak berubah. Artinya adalah untuk melakukan perubahan pada suatu halaman dilakukan secara manual dengan mengedit code yang menjadi struktur dari situs itu.

2. Website Dinamis

Website Dinamis merupakan website yang secara struktur diperuntukan untuk update sesering mungkin. Biasanya selain utama yang bisa diakses oleh user pada umumnya, juga disediakan halaman backend untuk mengedit kontent dari website. Contoh umum mengenai website dinamis adalah web berita atau web portal yang didalamnya terdapat fasilitas berita, polling dan sebagainya.

3. Website Interaktif

Website Interaktif adalah web yang saat ini memang sedang ramai dibicarakan. Salah satu contoh website interaktif adalah blog dan forum. Di website ini user bisa berinteraksi mengenai apa yang menjadi bahan diskusi mereka. Biasanya website seperti memiliki moderator untuk mengatur supaya topik yang diperbincangkan tidak melenceng dari alur pembicaraan. 

HAL-HAL PENTING LAINNYA MENGENAI WEBSITE

Untuk membuat sebuah website yang bagus, kita harus mengetahui hal-hal penting lainya seperti: 

1. Nama domain

Nama domain atau URL adalah alamat unik di dunia internet yang digunakan untuk mengenali sebuah situs, atau dengan kata lain nama domain adalah alamat yang digunakan untuk menemukan sebuah website di internet.

2. Web Hosting

Web Hosting adalah ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan berbagai data, file-file teks, gambar, video dan lainnya yang akan ditampilkan di website. Besarnya data yang bisa dimasukkan tergantung dari besarnya web hosting yang disewa/dimiliki, semakin besar web hosting semakin besar pula data yang dapat dimasukkan dan ditampilkan dalam website.

3. Bahasa Pemograman

Bahasa program Adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam website yang pada saat diakses. Jenis bahasa program sangat menentukan statis, dinamis atau interaktifnya sebuah website. Semakin banyak ragam bahasa program yang digunakan maka akan terlihat website semakin dinamis, dan interaktif serta terlihat bagus. Beragam bahasa program saat ini telah hadir untuk mendukung kualitas website. 

Contohnya: HTML, PHP, CMS, CSS dan banyak lagi.

4. Template/Desain Website

Template atau desain website adalah tata letak dari bentuk luar website, dan hal ini dapat menentukan kualitas dan keindahan sebuah website dari segi tampilan, dan dibarengi dengan isi yang terupdate dan menarik. Template/desain sangat berpengaruh kepada penilaian pengunjung akan bagus tidaknya sebuah website. Serta mempengaruhi dengan kenyamanan user. 

Demikianlah penjelasan singkat mengenai apa itu website? Jika Anda punya pertanyaan silahkan tulis komentar Anda dibawah ini.

Post a Comment for "Apa itu Website?"