Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Cara Set Up MetaMask via Ekstensi Browser Chrome

 

MetaMask adalah dompet crypto terdesentralisasi gratis. Itu berarti MetaMask dapat mengelola alamat dompet anda untuk beberapa jaringan berbeda dalam satu aplikasi yang mudah digunakan. Dompet berfungsi sebagai Ekstensi Browser dan ini memungkinkan platform DeFi yang anda gunakan untuk berinteraksi secara langsung (dan aman) dengan dompet anda. Hal ini memungkinkannya untuk secara serius menyederhanakan setoran, penarikan, dan aktivitas lainnya.  

Cara Instal MetaMask di Browser Chrome 

Hal pertama, anda hanya perlu menginstal ekstensi browser. Ada beberapa cara berbeda untuk menemukannya tergantung pada browser yang anda gunakan. Sebagian besar browser memiliki MetaMask di tokonya, jadi tidak sulit untuk mencarinya.

Anda dapat mencari "Ekstensi MetaMask" di mesin pencari, dan anda dapat menemukannya disana. 


• Klik Instal MetaMask sebagai ekstensi Google Chrome. 


• Klik Tambahkan ke Chrome. 


• Klik Tambahkan Ekstensi. 


Tidak sulit untuk menginstal ekstensi di browser Chrome anda! Sekarang anda hanya perlu memikirkan bagaimana cara membuat akun. 

Cara Membuat Akun 

- Klik ikon ekstensi di pojok kanan atas untuk membuka MetaMask.
- Untuk menginstal versi terbaru dan selalu diperbarui, klik Try it now.
- Klik Continue.
- Anda akan diminta untuk membuat kata sandi baru, klik Create


- Lanjutkan dengan mengklik Next dan terima Persyaratan Penggunaan. 

Klik Reveal Secret Words, disana anda akan melihat frase pemulihan 12 kata. Ini sangat penting dan tentunya bukan ide yang baik untuk disimpan secara digital, jadi luangkan waktu anda dan tulislah di kertas yang sebenarnya. 


- Verifikasi frasa rahasia anda dengan memilih frasa yang dibuat sebelumnya secara berurutan, klik Confirm

Langkah kuncinya adalah menetapkan Kata Sandi dan Frasa Cadangan Rahasia. 

Kata sandi anda harus panjang dan rumit. Ini akan melindungi banyak akun dan akan sangat berharga pada waktunya, jadi buatlah super tangguh, 16+ karakter, huruf besar dan kecil, angka dan masukkan beberapa karakter khusus untuk ukuran yang baik. 

Anda kemudian akan diperlihatkan Frasa Cadangan Rahasia anda. Ini hanya cadangan anda, jika anda kehilangan kata sandi dan siapa pun yang mengetahuinya dapat mengambil kendali atas dompet anda. Jadi catat secara offline, yaitu anda harus menuliskannya dengan pena dan kertas dan menyimpannya di tempat yang aman dan jauh dari komputer anda. 

Anda dapat menyimpan dua salinan ini di tempat yang berbeda. Dan jika terjadi kebakaran, banjir atau angin topan dll, anda masih tetap dapat menemukan salinannya! 

Bagaimana Cara Mencadangkan dan Memulihkan Dompet Anda Menggunakan Frase Awal? 

Misalkan anda mengubah browser atau komputer dan ingin menghubungkannya kembali dengan dompet anda, berikut ini cara melakukannya. 

Pertama, anda harus menemukan frase pemulihan anda, yang seharusnya anda simpan, untuk memulai.  

- Klik account icon.
- Klik Settings.
- Temukan Reveal Seed Words dan klik.
- Masukkan kata sandi anda. 

Sekarang simpan Frasa Benih Rahasia di suatu tempat, sebaiknya tidak secara digital. Pencadangan selesai sekarang yang harus anda lakukan adalah mempelajari proses pemulihan. 

- Buka Metamask dan klik Import using the account seed phrase.
- Masukkan Frasa Benih anda.
- Buat kata sandi baru yang kuat.
- Klik Restore

Ada beberapa langkah verifikasi untuk memastikan informasi keamanan anda direkam dengan benar. Anda mungkin juga diminta untuk mendanai dompet anda, tetapi belum perlu untuk itu. 

Selama Ikon MetaMask terlihat di Browser Toolbar anda, anda siap melakukannya. 


Anda sekarang telah berhasil membuat akun MetaMask anda. Alamat dompet Ethereum baru saja dibuat untuk anda. Anda menunggu untuk menyetor dana, dan jika anda ingin mempelajari cara melakukannya, lihat langkah selanjutnya di bawah ini. 

Cara Menyimpan Dana 


- Klik View Account.
- Sekarang anda dapat melihat alamat publik anda dan membaginya dengan orang lain. Ada beberapa metode untuk membeli koin yang ditawarkan oleh MetaMask, tetapi anda juga dapat melakukannya secara berbeda, anda hanya memerlukan alamat anda. 

Ekstensi dompet MetaMask akan selalu tersedia di browser toolbar anda, yang siap untuk anda gunakan kapanpun diperlukan. Ini mudah diakses, dan seperti yang anda lihat dari langkah-langkah tersebut, mudah digunakan juga. Mengirim koin juga sangat ramah pengguna karena ada tombol kirim yang besar, dan sisanya juga mudah dimengerti. 

Tetapi jika terjadi kesalahan dan anda perlu memulihkan akun, anda memiliki opsi ini. Pertama, anda harus mencadangkannya, lihat bagaimana anda bisa melakukannya. 

Menghubungkan Jaringan Tambahan 

Secara default MetaMask (MM) hadir dengan Ethereum Mainnnet yang terinstal. Sebagian besar program menggunakan jaringan yang berbeda, jadi anda perlu menambahkannya sekarang. 

Klik ikon MM di Browser Toolbar anda, kemudian klik pada Menu Dropdown Jaringan, seperti yang ditunjukkan di bawah ini (1). 


Foto diatas sudah menambahkan jaringan ekstra, jadi dompet anda akan terlihat sedikit berbeda. 

Klik Add Network (2) dan MM akan membuka jendela browser dengan formulir Add a Network. 


Peringatan diatas (1) akan muncul setiap kali anda menambahkan jaringan baru. Jika mau, anda dapat memeriksa silang data yang disediakan disini dengan pencarian cepat setiap saat. Anda akan menemukan detail dibawah ini tercantum di semua bursa utama dan situs crypto. 

Cukup masukkan detail dibawah ini ke dalam formulir seperti yang ditunjukkan dan Simpan (2). 

- Network Name: Binance Smart Chain
- New RPC URL: https://bsc-dataseed.binance.org/
- Chain ID:56
- Currency Symbol: BNB
- Block Explorer URL: https://bscscan.com 

Binance Smart Chain Mainnet (BSC) sekarang akan terlihat di daftar jaringan anda. Pilih itu untuk melihat dompet BSC Anda (1). 


Di bagian atas layar anda akan melihat Akun anda, dengan sebagian alamat dompet dan ikon salinan terlihat di bawahnya (2). Anda dapat menyalin alamat itu ke File Scrapbook anda sekarang. Pastikan anda memberi label dengan jelas sebagai BNB - BEP20 dan anda akan menggunakannya nanti untuk mengirim dana ke Dompet BNB anda. 

Perlu diketahui bahwa ada 2 jenis BNB (Binance Coin). BEP20 BNB (Binance Smart Chain), dan BEP2 BNB (Binance Chain). 

Mengirimkan token yang salah ke alamat dompet manapun di Metamask kemungkinan besar akan mengakibatkan hilangnya dana secara permanen, jadi selalu berhati-hatilah saat memilih jaringan yang akan digunakan untuk transaksi. 

Anda dapat menggunakan tombol Send (3) untuk memindakannya ke dompet lain. Anda juga dapat menggunakan tombol Swap (4) untuk mengonversinya ke mata uang crypto lainnya. 

MetaMask sangat populer dan memiliki komunitas yang aktif dan suportif. Pencarian Google hampir selalu memberitahu anda dengan tepat apa yang perlu anda ketahui. Sama halnya dengan mencari tutorial MetaMask di Youtube, anda dapat dengan mudah menemukan instruksi bahkan untuk tugas yang paling sederhana sekalipun, hingga kepada penggunaan yang lebih kompleks. 

Jika anda memiliki komentar, pertanyaan, atau pengalaman pribadi terkait Cara Set Up MetaMask via Ekstensi Browser Chrome, silahkan tulis komentar anda dibawah ini.

Post a Comment for "Tutorial Cara Set Up MetaMask via Ekstensi Browser Chrome"